Business Coaching adalah sebuah bentuk pengembangan di mana seseorang yang disebut pelatih mendukung klien dalam mencapai tujuan pribadi atau profesional bisnis dengan memberikan pelatihan dan bimbingan. Orang yang membimbing disebut business coach, sedangkan orang yang dibimbing disebut coachee.

Masih bingung ?

Begini analoginya :

secara umum tugas business coach sama dengan tugas seorang pelatih renang, yaitu memberikan pelatihan serta bimbingan agar calon atlet bisa menguasai gaya gaya berenang dengan baik dan mencapai target sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Bedanya, business coach memotivasi serta membimbing owner/pimpinan perusahaan agar bisa mencapai kemajuan dalam bisnisnya.

Menjadi Business Coach bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali tantangan yang perlu dihadapi. Apa saja tantangannya, berikut diantaranya :

1.    Membangun Kepercayaan

Tantangan pertama seorang business coach yaitu membangun kepercayaan. Coach perlu membangun suasana yang nyaman bagi coachee, agar dapat membangun kemitraan berdasarkan azas saling percaya dan saling mendukung.

2.    Mengerti Nilai & Impian Coachee

Coach harus melihat dunia dari kaca mata coachee, mengerti apa yang disampaikan secara tersurat dan tersirat mengenai nilai-nilai dan impian mereka.

3.    Menggali Potensi

Pertanyaan terbuka adalah alat andalan coach untuk mengubah percakapan menjadi proses penggalian potensi. Seorang coach bertugas menggunakan kekuatan pertanyaan terbuka untuk menstimulasi dan memprovokasi pemikiran, kesadaran, komitmen dari coachee.

4.    Merancang Rencana Kegiatan

Coach perlu membantu coachee menentukan skala prioritas dari setiap aktivitas. Coach bertugas untuk selalu menantang coachee melihat dan meyakinkan, apakah semua langkah yang dibuatnya efektif mencapai tujuan yang diinginkannya atau bahkan sebaliknya.

5. Media Coaching

Terkadang yang menjadi kendala saat coaching adalah tempat pertemuan yang jauh dan coach perlu mengeluarkan biaya ekstra, demi terselenggaranya coaching. Bukan hal itu saja, seringkali coachee meliburkan diri dari proses dari coaching, dikarenakan memiliki kegiatan lain yang wajib mereka ikuti, terutama jika kegiatan tersebut berada diluar daerah.

 

Tantangan membantu para pengusaha untuk maju dan bekembang, itu pasti ada. Namun karena hal itulah Business Coach hadir 🙂