PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu, benda, atau bahkan lingkungan yang meningkatkan proses, situasi, dan efektifitas belajar mengajar. Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan dapat di serap semaksimal mungkin oleh mahasiswa.

Perkembangan dan kemajuan teknologi berpengaruh kepada media pembelajaran. Teknologi informasi ini memberikan nilai tambah dalam media dan proses pembelajaran.

Perkembangan teknologi dalam media pembelajaran, banyak membuat perubahan-perubahan baru dalam proses belajar mengajar, yaitu sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop bahkan handphone yang terhubung dengan koneksi internet atau disebut e-learning.

Sistem yang terintegrasi dengan baik membuat mahasiswa dapat memperoleh semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan dan mampu melaksanakan sistem pembelajaran dengan baik. Output yang diperoleh dari sistem pembelajaran ini juga tidak kalah dengan perkuliahan konvensional.

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Bagi Mahasiswa, e-learning memungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, mahasiswa dapat mengakses bahan – bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Mahasiswa juga dapat berkomunikasi dengan dosen setiap saat. Dengan kondisi yang demikian ini, mahasiswa dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dari Sudut Dosen, e-learning banyak memberikan manfaat bagi dosen, terutama yang berkaitan dengan:

  1.    Lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi.
  2.    Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna peningkatan wawasannya karena waktu luang yang dimiliki relatif lebih banyak.
  3.    Mengontrol kegiatan belajar mahasiswa. Bahkan dosen juga dapat mengetahui kapan mahasiswanya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang.
  4.    Mengecek apakah mahasiswa telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu; dan
  5.    Memeriksa jawaban mahasiswa dan memberitahukan hasilnya kepada mahasiswa.

E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar mahasiswa. Pengaruh tersebut berada dalam kategori yang kuat. Semakin intensif e-learning dimanfaatkan, maka mutu belajar mahasiswa akan semakin meningkat pula. Pemanfaatan web e-learning akan meningkatkan hasil belajar secara tidak langsung. Tujuan digunakannya e-learning dalam sistem pembelajaran adalah untuk memperluas akses pendidikan kemasyarakat luas, serta dalam rangka meningkatkan mutu belajar.