INILAH PENYEBAB JASA KONSULTAN BISNIS SEPI PEMINAT

INILAH PENYEBAB JASA KONSULTAN BISNIS SEPI PEMINAT

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel Pentingnya Konsultan Bisnis Bagi Kemajuan Perusahaan, konsultan bisnis adalah seorang tenaga professional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu. Profesi konsultan dijalankan seseorang yang memiliki usaha sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan.

Banyak keuntungan yang diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa konsultan bisnis. Mereka tidak perlu memikirkan segalanya sendiri, konsultan yang berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuat pertimbangan marketing, quality control dan strategi bisnis.

Dibalik peluang yang menggiurkan, masih banyak pemilik bisnis yang enggan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis.

Mengapa demikian?

Berikut penyebab jasa konsultan bisnis sepi peminat :

1.Media Konsultasi yang Kurang Efektif dan Efisien

Media untuk berkonsultasi seringkali menjadi penghambat klien untuk menggunakan jasa konsultan. Mengapa begitu ? Contoh nyata : ketika akan melakukan konsultasi, klien harus mendatangi kantor konsultan ataupun sebaliknya. Dengan pola seperti itu, secara tidak langsung klien harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi, makan dsb diluar biaya konsultasi.

2.Biaya Konsultasi Mahal

Banyak keuntungan yang diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa konsultan bisnis. Mereka tidak perlu memikirkan segalanya sendiri, konsultan yang berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuat pertimbangan marketing, quality control dan strategi bisnis. Namun karena peran itulah, sehingga tarif untuk jasa ini pun terbilang mahal dan membuat para pemilik bisnis berpikir panjang untuk menggunakan jasa tersebut.

3.Takut Gagal

“jika memakai jasa konsultan, bisnis belum tentu berkembang malahan uang keluar banyak” , dari opini tersebutlah, pemilik bisnis enggan untuk menggunakan jasa konsultan.

 

** Ada masalah ada pula solusi, Jika Anda seorang konsultan bisnis dan merasakan betul kendala “sepi klien” seperti di atas, silakan klik disini untuk melihat solusi tersebut.

TIPS AGAR CALON KLIEN TERTARIK DENGAN JASA KONSULTAN BISNIS ANDA

TIPS AGAR CALON KLIEN TERTARIK DENGAN JASA KONSULTAN BISNIS ANDA

Banyak keuntungan yang diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa konsultan bisnis. Mereka tidak perlu memikirkan segalanya sendiri, konsultan berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuat pertimbangan marketing, quality control dan strategi bisnis.

Namun karena peran pentingnya itu, pemilik usaha pun perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit demi membayar jasa konsultan. Dan karena hal inilah menjadi penyebab mengapa jasa konsultan sepi peminat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips agar calon klien tertarik dengan bisnis jasa konsultan Anda :

1.         Menggunakan Social Media

Di era digital seperti sekarang ini, social media menjadi salah satu alat pemasaran yang tentunya paling efektif, sebab hampir semua orang telah memiliki social media sebagai alat untuk menjalin interaksi dengan berbagai kalangan. Dengan biaya yang sangat murah serta tingkat visibilitasnya yang tinggi, Anda dapat memanfaatkannya untuk mencari calon klien baru.

2.         Menawarkan Potongan Harga

Cara ini cukup ampuh dalam menjaring calon klien, barang/jasa yang mendapatkan potongan harga tentunya akan sangat sulit untuk dilewatkan begitu saja.

3.         Memberikan Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk dikatakan bagus dan terpercaya jika terdapat testimoni langsung dari para klien yang telah memakai produk atau jasa tersebut. Karena itu, Anda perlu memberikan suatu penghargaan berupa insentif yang menarik kepada klien yang mau memberikan testimoninya. Insentif yang diberikan tidak melulu berupa uang, namun juga dapat berupa sebuah hadiah atau potongan harga. Dengan melakukan strategi pemasaran ini, maka secara tidak langsung perusahaan telah memenangkan dua pihak sebagai sasaran marketingnya, yaitu klien yang loyal dan calon klien.

4.         Menjalin Hubungan yang Baik dengan Para Klien

Klien yang loyal tentu merupakan suatu aset tersendiri bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan mereka telah banyak menggunakan jasa Anda sehingga menyumbang pemasukan secara rutin. Karena itu, jika Anda tidak ingin kehilangan klien yang loyal tersebut, maka tidak ada salahnya, Anda memberikan sedikit penghargaan. Misalnya memberikan hadiah.

5.         Memilih Media yang Efektif

Media yang digunakan untuk konsultasi tentunya menjadi salah satu strategi pemasaran jasa yang perlu untuk dipertimbangkan. Jika Anda terbiasa melakukan konsultasi melalui pertemuan (offline), sekarang Anda bisa menambahkan opsi lain, yaitu dengan pertemuan online. Pertemuan online ini dapat menghemat waktu serta biaya konsultasi. Ini memudahkan Anda serta klien dalam konsultasi. Anda bisa mencoba V-Con Meeting Online.

Menggunakan V-Con Meeting Online layaknya pertemuan offline. Bedanya, sebelum memulai Anda perlu menyebarkan kode ruangan kepada klien. Setelah klien hadir di dalam ruang online, Anda dan klien dapat sharing webcam dalam waktu bersamaan.

Selain itu, Anda dapat menyampaikan ide dan gagasan melalui papan tulis digital, sehingga Anda dapat membuat ilustrasi, bagan, anotasi, dan sebagainya di platform ini dan keseluruhannya akan tersinkronisasi dengan seluruh peserta pertemuan.

Selama pertemuan berlangsung, Anda dapat merekamnya. Rekaman ini sangat berguna, terutama jika ada klien yang tidak dapat hadir. Anda tidak perlu capek menjelaskan ulang, cukup berikan rekaman pertemuan sebelumnya.

PENTINGNYA KONSULTAN BISNIS BAGI KEMAJUAN PERUSAHAAN

PENTINGNYA KONSULTAN BISNIS BAGI KEMAJUAN PERUSAHAAN

Pengertian Konsultan Bisnis

Menurut Wikipedia Konsultan bisnis adalah seorang tenaga professional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu. Profesi konsultan dijalankan seseorang yang memiliki usaha sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan.

Jasa konsultan bisnis memegang peranan besar, yaitu :

  1.       Konsultan Bisnis pada Bidang Rencana Pemasaran

Konsultan bisnis yang bekerja pada bidang pemasaran akan memberikan strategi dan taktik terbaik untuk menarik keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Di bagian ini, konsultan bisnis akan membuat rencana lengkap mengenai bagaimana sebuah produk akan dipasarkan. Dimulai dengan brand seperti apa yang akan tergambar dari sebuah produk tersebut, hingga kondisi pasar yang kiranya akan menerima atau justru akan menolak.

  1.       Konsultan Bisnis pada Bidang Strategi Pemasaran

Setelah semua rencana pemasaran disusun, peranan dari konsultan bisnis yang berikutnya adalah membuat strategi pemasaran itu sendiri, bagaimana sebuah produk akan mulai dipasarkan dan strategi apa yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut dikenal luas. Strategi pemasaran yang bagus sudah pasti akan memberikan sederet keuntungan pada produk tersebut, dan begitu pula sebaliknya.

  1.       Konsultan Bisnis pada Bidang Pembukaan Pasar

Selanjutnya peranan dari jasa konsultan bisnis berikutnya adalah sebaik apa mereka akan bisa masuk ke dalam pasar. Rencana untuk membuka  pasar bagi sebuah produk tersebut pun menjadi bagian dari rencana pembukaan pasar dan bagian dari tugas jasa konsultan bisnis. Penetrasi pasar, hingga membuat pasar menerima produk yang ditawarkan sebuah industri bukan hal yang mudah, tak heran bila ide dari konsultan bisnis menjadi hal yang penting.

Kesimpulan :

Banyak keuntungan yang diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa konsultan bisnis. Mereka tidak perlu memikirkan segalanya sendiri, konsultan yang berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuat pertimbangan marketing, quality control dan strategi bisnis.

Seperti pada judul, pentingkah konsultan bisnis?

Tentu saja sangat penting bagi kemajuan perusahaan. Memang jumlah biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi tidaklah sedikit, namun ini sebanding dengan hasil yang diraup setelah adanya konsultasi.