PENANGANAN PERILAKU MEMBOLOS MAHASISWA

PENANGANAN PERILAKU MEMBOLOS MAHASISWA

Perilaku Membolos Mahasiswa

Kenakalan mahasiswa merupakan suatu bentuk perilaku yang maladaktif disekitar kita. Perilaku membolos mahasiswa disebut kenakalan karena membolos merupakan perilaku yang mencerminkan pelanggaran mahasiswa pada aturan yang sudah ditentukan kampus.

Membolos adalah salah satu perilaku menyimpang yang sangat popular dikalangan mahasiswa. Kebiasaan mahasiswa bolos belajar disebabkan oleh faktor internal (dalam diri mahasiswa) dan eksternal (lingkungan mahasiswa).

Faktor eksternal yang kadang menjadikan alasan membolos adalah mata kuliah yang tidak diminati atau tidak disenangi mahasiswa itu sendiri. Tentu saja sistem pendidikan yang ketat, terlalu monoton, mengekang tanpa diimbangi dengan pola pengajaran yang sifatnya menyejukkan atau merefreskan otak mahasiswa, dapat menjadikan mereka tidak lagi semangat, tidak fokus di dalam kampus terlebih di dalam kelas.

Karena kejenuhannya itulah yang kemudian mencari pelarian bagaimana cara memuaskan dirinya dan memutuskan untuk membolos, walaupun secara tidak langsung hal seperti ini sebenarnya bukan merupakan suatu jawaban atau tindakan yang tepat. Hal ini dapat dibuktikan bahwa mahasiswa yang suka membolos seringkali ikut serta terlibat pada hal – hal yang cenderung merugikan dirinya, orang lain maupun kampus itu sendiri.

Berikut Tips Penanganan Perilaku Membolos Mahasiswa:

 

1.       Kerja Sama dengan Orangtua

Ketika diketahui ada mahasiswa yang sering bolos, wali dosen segera menghubungi orangtua melalui sarana komunikasi yang ada. Pemberian informasi mahasiswa bolos kepada orangtua akan memudahkan orangtua untuk membina mahasiswa tersebut di rumah pada waktu berikutnya.

2.       Gerakan Disiplin Kampus

Gerakan disiplin kampus ini untuk memantau para mahasiswa yang membolos atau pergi pada waktu jam-jam pelajaran. Biasanya mereka berada di tempat keramaian atau di tempat hiburan yang ada di luar kampus. Mahasiswa yang membolos selain merugikan dirinya sendiri juga berpotensi untuk menimbulkan keresahan pada mahasiswa lainnya maupun masyarakat, karena mahasiswa yang suka membolos mempunyai tingkat kenakalan yang tinggi untuk melakukan sesuatu hal yang nekat dan justru sering mendekati kriminal seperti tawuran dan pesta miras, merokok dan sex bebas.

3.       Media Pembelajaran yang Efektif

Sudah tidak bisa dapat dielakan lagi, bahwa cara mengajar mahasiswa zaman dulu tidak bisa disamakan dengan mahasiswa zaman sekarang. Zaman sekarang, dosen perlu kreatif dalam menentukan media pembelajaran yang akan dipakai sehingga mahasiswa tidak bosan dan dapat menyerap materi dengan baik.

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu, benda, atau bahkan lingkungan yang meningkatkan proses, situasi, dan efektifitas belajar mengajar. Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan dapat di serap semaksimal mungkin oleh mahasiswa.

Sistem yang terintegrasi dengan baik membuat mahasiswa dapat memperoleh semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan dan mampu melaksanakan sistem pembelajaran dengan baik. Output yang diperoleh dari sistem pembelajaran ini juga tidak kalah dengan perkuliahan konvensional.

Selengkapnya tentang media pembelajaran klik disini

Kesimpulan :

Penanganan perilaku bolos mahasiswa memang tidak mudah dilakukan. Diperlukan penanganan secara komprehensif oleh semua pihak. Namun dengan kiat-kiat tertentu, kerja keras dan tentunya juga kemauan semua pihak, semoga perilaku menyimpang ini bisa teratasi.

PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu, benda, atau bahkan lingkungan yang meningkatkan proses, situasi, dan efektifitas belajar mengajar. Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan dapat di serap semaksimal mungkin oleh mahasiswa.

Perkembangan dan kemajuan teknologi berpengaruh kepada media pembelajaran. Teknologi informasi ini memberikan nilai tambah dalam media dan proses pembelajaran.

Perkembangan teknologi dalam media pembelajaran, banyak membuat perubahan-perubahan baru dalam proses belajar mengajar, yaitu sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop bahkan handphone yang terhubung dengan koneksi internet atau disebut e-learning.

Sistem yang terintegrasi dengan baik membuat mahasiswa dapat memperoleh semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan dan mampu melaksanakan sistem pembelajaran dengan baik. Output yang diperoleh dari sistem pembelajaran ini juga tidak kalah dengan perkuliahan konvensional.

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Bagi Mahasiswa, e-learning memungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, mahasiswa dapat mengakses bahan – bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Mahasiswa juga dapat berkomunikasi dengan dosen setiap saat. Dengan kondisi yang demikian ini, mahasiswa dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dari Sudut Dosen, e-learning banyak memberikan manfaat bagi dosen, terutama yang berkaitan dengan:

  1.    Lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi.
  2.    Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna peningkatan wawasannya karena waktu luang yang dimiliki relatif lebih banyak.
  3.    Mengontrol kegiatan belajar mahasiswa. Bahkan dosen juga dapat mengetahui kapan mahasiswanya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang.
  4.    Mengecek apakah mahasiswa telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu; dan
  5.    Memeriksa jawaban mahasiswa dan memberitahukan hasilnya kepada mahasiswa.

E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar mahasiswa. Pengaruh tersebut berada dalam kategori yang kuat. Semakin intensif e-learning dimanfaatkan, maka mutu belajar mahasiswa akan semakin meningkat pula. Pemanfaatan web e-learning akan meningkatkan hasil belajar secara tidak langsung. Tujuan digunakannya e-learning dalam sistem pembelajaran adalah untuk memperluas akses pendidikan kemasyarakat luas, serta dalam rangka meningkatkan mutu belajar.

 

BELAJAR MENGAJAR DENGAN V-CON

BELAJAR MENGAJAR DENGAN V-CON

Kegiatan belajar mengajar (KBM) seringkali menjadi istilah yang familiar bagi setiap kalangan, terutama kalangan pendidikan. Kegiatan belajar mengajar adalah proses penyampain ilmu atau tranformasi ilmu yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik.

KBM biasanya dilakukan secara tatap muka (offline) oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Namun seiring berkembangnya teknologi, kegiatan belajar mengajar tak hanya dilakukan secara tatap muka (offline) namun juga dilakukan secara online.

Memang proses belajar mengajar secara online bukanlah suatu hal yang baru, namun tetap saja masih ada kendala dalam dalam penerapannya. Salah satunya kesulitan mencari media yang tepat untuk melakukan kelas/pertemuan online tersebut.

Apakah Anda pun kesulitan mencari media pertemuan/kelas untuk proses belajar mengajar secara online?

Jika iya, Anda beruntung. Baca artikel ini sampai selesai, solusi dan penawaran menarik telah kami sediakan untuk Anda

Memperkenalkan….

V-Con Meeting Online

Keunggulan teknologi terkini untuk pertemuan/rapat secara live (siaran langsung) & interaktif.

Selain digunakan oleh pelaku usaha, cocok digunakan oleh dosen/guru untuk kegiatan belajar mengajar secara online.

Mengapa V-Con ?

 Sangat mudah digunakan dan memiliki skalabilitas tinggi dibandingkan platform sejenis lainnya di dunia

Bagaimana Cara Kerjanya?

  1.    Daftarkan diri Anda serta para peserta didik ( https://vcon.co.id )
  2.    Setelah pendaftaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi di email. Konfirmasi ulang akun, lalu Login.
  3.    Buat jadwal pertemuan/kelas (Anda bisa mengatur waktu untuk memulai kelas)
  4.    Sebelum kelas dimulai, Anda dapat menunggah presentasi PDF, Powerpoint dan bentuk dokumen lainnya. Hal ini           memungkinkan para peserta didik untuk mempelajari materi sebelum kelas dimulai
  5.    Sebarkan kode kelas pada peserta didik
  6.    Pertemuan/kelas online siap dimulai

Setelah semua peserta didik hadir di dalam kelas online, Anda dan peserta didik dapat sharing webcam dalam waktu bersamaan.

Selain itu, Anda dapat menyampaikan ide dan gagasan melalui papan tulis digital, sehingga Anda dapat membuat ilustrasi, bagan, anotasi, dan sebagainya di platform ini dan keseluruhannya akan tersingkronisasi dengan seluruh peserta pertemuan Anda.

  1.  Selama kelas berlagsung, Anda dapat merekamnya. Rekaman ini sangat berguna,terutama jika ada peserta didik yang   tidak dapat menghadiri kelas. Anda tidak perlu capke menjelaskan ulang, cukup berikan rekaman pertemuan   sebelumnya.

Tunggu apa lagi? Ayo buat kelas, ubah semuanya menjadi lebih praktis.

http://vcon.co.id

                                                                              

MEDIA BELAJAR EFEKTIF KELAS KARYAWAN

MEDIA BELAJAR EFEKTIF KELAS KARYAWAN

Dosen merupakan tenaga profesional pendidik dan peneliti dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Menjadi dosen tentunya akan dihadapkan dengan berbagai tantangan, baik itu muncul dari dalam diri, mahasiswa maupun lingkungan kampus.

Bicara soal tantangan yang muncul dari sisi mahasiswa. Tantangan yang dihadapi dosen adalah mencari serta menerapkan pola dan media belajar efektif untuk setiap mahasiswanya, terutama mahasiswa kelas karyawan. Anda sebagai dosen yang mengajar di kelas karyawan, pasti tahu betul bagaimana rasanya.

Berikut gambaran proses belajar mengajar mahasiswa kelas karyawan :

  1.      Kehadiran Minim

Kehadiran di kelas karyawan biasanya paling minim dibanding mahasiswa kelas reguler. Dikarenakan status mahasiswa adalah karyawan di sebuah perusahaan sehingga biasanya memiliki agenda pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan, seperti pergi ke luar kota, lembur, pergantian shif.

  1.       Kelelahan atau Mengantuk di Kelas

Kondisi ini sudah jelas banyak dirasakan mahasiswa kelas karyawan, setelah seharian melakukan aktifitas kerja, mereka harus menerima materi pelajaran dalam kondisi mengantuk atau kelelahan sehingga terkadang proses belajar mengajar kurang efektif.

Kehadiran minim dan kelelahan atau mengantuk di kelas..

Kehadiran minim dan kelelahan atau mengantuk di kelas adalah hal yang kadang perlu dimaklumi oleh setiap dosen yang mengajar. Namun bukan berarti, keadaan tersebut menjadikan proses belajar mengajar tidak efektif. Dosen tentunya perlu mencari media belajar efektif untuk mahasiswa kelas karyawan, sehingga materi pelajaran tetap dapat terserap.

Salah satu media belajar efektif untuk kelas karyawan adalah kelas/pertemuan online. Memang hal ini bukanlah sesuatu yang baru, namun tetap saja masih ada kendala dalam dalam penerapannya. Salah satunya kesulitan mencari media yang tepat untuk melakukan kelas/pertemuan online tersebut.

Apakah Anda pun kesulitan dalam mencari media pertemuan/kelas online untuk mahasiswa kelas karyawan ?

Tenang, kami siap membantu Anda.

Memperkenalkan V-Con Meeting Online.

V-Con Meeting Online

Menghadirkan keunggulan teknologi terkini untuk pertemuan/rapat secara live (siaran langsung). Sangat mudah digunakan dan memiliki skalabilitas tinggi dibandingkan platform sejenis lainnya di dunia!

Menyediakan fasilitas 

1. WEBCAM

Beberapa peserta dapat sharing webcam dalam waktu bersamaan. Sangat ringan, tidak memerlukan bandwidth internet yang besar.

2. PRESENTASI

Anda dapat menunggah presentasi PDF, Powerpoint dan bentuk dokumen lainnya. Presentasi Anda akan singkron dengan para peserta baik berupa pemindahan slide, anotasi, zoom, mouse pointer, dan sebagainya.

3. CHAT

Anda dapat melakukan chat dengan seluruh peserta pertemuan maupun chat secara personal ke salah satu peserta.                                                               

4. PAPAN TULIS

Anda dapat menyampaikan ide dan gagasan melalui papan tulis digital, sehingga Anda dapat membuat ilustrasi, bagan, anotasi, dan sebagainya di platform ini dan keseluruhannya akan tersingkronisasi dengan seluruh peserta pertemuan Anda.

5. BERBASIS WEB

Tidak ada aplikasi tambahan lain yang perlu anda install pada komputer maupun gadget anda, cukup membuka perambah web (web browser) yang tersedia pada perangkat Anda.

7. TERSEDIA REKAMAN

Platform ini memungkinkan untuk merekam sesi pertemuan yang Anda lakukan, sehingga dapat dilihat kembali baik oleh Anda maupun peserta pertemuan.

 

Mudah, hemat dan tentunya sangat efektif sebagai media pertemuan/kelas bagi dosen yang mengajar di kelas karyawan.

Daftar sekarang, COBA GRATIS senilai Rp. 825.000 + Penghasilan tambahan

https://vcon.co.id

Promo ini berlaku tanggal 7-9 September 2018